Harta Tahta Dan Wanita Bersama Ina Rahman Di Wedding Batak Exhibition 2024

 

Talkshow Ina Rahma & Martha Simanjuntak di Wedding Batak Exhibition 2024

Mengenal adat dan budaya yang ada di Indonesia tentu merupakan hal yang menarik dan seolah tidak ada habisnya untuk dipelajari atau dibahas, masing-masing memiliki keunikan dan khas tersendiri yang sudah pasti akan terkagum-kagum dan bangga tinggal di negara yang kaya dengan budaya. 

Sabtu 7 September 2024, bertempat di Smesco dapat pengalaman baru di Wedding Batak Exhibition 2024, kami yang berada disitu seperti belajar tentang sejarah secara khusus mengulas kebudayaan Batak mulai dari adat dan tradisi. Bukan hanya itu saja, di Wedding Batak Exhibition yang bernuansa Batak ada, mulai dari fashion Show, lomba make up MUA, kuliner khas Batak, ulos, baju pengantin bahkan Talkshow yang bertema harta, tahta dan wanita dengan narasumber Ina Rahma, seorang praktisi hukum dan pebisnis dengan pengalaman selama lebih dari 20 tahun dengan penjualan langsung dan pendiri Maestro Law Office.

Talkshow Ina Rachman yang saat itu ditemani oleh pendiri Chathaulos yaitu Kak Martha Simanjuntak mengulas tema Harta, Tahta dan Wanita dalam budaya Batak. Yang mana dalam adat istiadat Batak, sebuah pernikahan itu tidak hanya dua orang saja, akan tetapi menikah dengan semua saudara-saudara kedua belah pihak. Jadi menurut kak Martha kalau ada apa-apa memang repot dan ribet karena semua ikut andil. Maka dari itu Batak itu identik dengan persaudaraan yang kuat.

Sementara Ina Rachman memaparkan tentang mengajukan kesepakatan untuk mencari solusi terbaik tanpa menyalahkan ketentuan adat yang telah lama berlaku, misalnya pembagian hak waris dalam adat Batak hanya untuk anak laki-laki saja. Hal ini dikarenakan anak laki-laki lah yang dianggap akan melanjutkan kelangsungan marga kepada generasi berikutnya secara turun temurun.

Menarik bukan? begitu banyak keunikan yang bisa kita pelajari dan tentunya kalau dibahas lebih dalam lagi tentu akan menghabiskan waktu. Sesi Talkshow ini yang tentu saja sangat dinanti oleh pengunjung yang hadir pada saat itu dan banyak pertanyaan soal harta dan tahta ini sudah seperti konsultasi atau sedikit curhat, hehe. Dan ada salah satu pertanyaan yang rasanya di era sekarang ketentuan Batak itu sudah tidak kaku lagi karena banyak juga yang mengikuti hukum Islam dan perjanjian pra nikah.

Pemberian Plakat Rumah Kayu Adat Batak

Acara semakin kesini semakin seru dan pengunjung berbagai tenant mulai berdatangan. Event seperti yang harus kita apresiasi karena tidak hanya sekedar pameran saja, akan tetapi sebagai pengingat juga buat masyarakat luas atau para pemuda terutamanya supaya bisa mengenal dan melanjutkan serta menjaga adat budaya yang ada di Indonesia, jangan sampai kita kehilangan identitas.

Selamat dan sukses selalu buat Chathaulos dan Helaparumaen yang menggagas event Wedding Batak Exhibition 2024 yang pertamakalinya digelar. Harapan saya sebagai masyarakat luas semoga untuk ke depan dan dari masa ke masa akan terus mengadakan event seperti ini supaya jadi pengingat buat kita semua kalau kita itu kaya dengan keberagaman adat dan budaya supaya jangan sampai punah.***




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sakit Kepala Bukan Alasan Lagi Untuk Tidak Beraktivitas

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Cerita Dibalik Hp Jadul