Mengenal Budaya Batak Yang Unik Dan Beragam Di Wedding Batak Exhibition 2024

Wedding Batak Exhibition 2024

Indonesia dengan keberagaman adat dan budaya menjadikan aku sebagai Bangsa Indonesia yang bangga bisa tinggal di negara yang kaya dengan adat dan budaya. Kagum akan semua kebudayaan dan sangat tertarik ingin mempelajarinya, tak terkecuali budaya Batak sebagai suku leluhur keluargaku yang semuanya belum aku pahami, karena opung doli yang kami cinta sudah berpulang lebih dahulu pada waktu aku masih kecil, jadi tidak sempat belajar dan tanya jawab, hehe.

Batak, yang menurut banyak orang di cap dengan watak keras dan nada bicara yang tinggi seolah menggambarkan orang Batak itu "galak", padahal tidak demikian, pernah dengar sejarahnya kenapa orang Batak kalau berbicara nadanya tinggi itu karena jaman dahulunya kan mereka hidup berpencar saling berjauhan dan tinggal di hutan gitu, jadi komunikasinya dengan berteriak jadi terkesan galak. Kalau salah koreksi ya!. 

Kembali ke Laptop! 

Batak Untuk Indonesia

Menyambung dengan event yang digelar di CFD Sarinah pada tanggal 7 Juli kemarin dengan agenda lomba manortor dan fashion Show, Tanggal 7 dan 8 September merupakan acara inti persembahan dari Helaparumaen dan Chathaulos menggelar acara "Wedding Batak Exhibition 2024" yaitu sebuah acara yang pertamakali digelar di Indonesia untuk merayakan dan mempromosikan kekayaan kebudayaan Batak. 

Bertempat di Smesco Convention Hall, hari ini tanggal 7 September 2024 acara ini  terbuka untuk umum dan mengundang masyarakat luas untuk hadir dan ikut merasakan langsung pesona tradisi Batak dalam berbagai bentuk.

Hadir di Opening Ceremony WBE 2024, dengan dibuka oleh sambutan dari tokoh masyarakat dan menampilkan tarian pengiring pengantin dari sanggar budaya Taman Mini Indonesia Indah, semakin melengkapi khidmatnya acara dan Wedding Exhibition ini resmi dibuka oleh Kak Martha Simanjuntak beserta rekan-rekan.

Helaparumaen & Chathaulos

Martha Simanjuntak selaku Project Director WBE  2024 yang menyatakan bahwa acara ini 

"Ini adalah platform yang dirancang untuk mempertemukan para vendor pernikahan Batak dan nasional dengan calon mempelai, sekaligus memberikan ruang bagi talenta muda untuk menampilkan keterampilan dan kreativitas mereka dalam fashion, musik dan tarian tradisional Batak". 

Tarian Pengiring Pengantin Batak

Gelaran WBE 2024 ini merupakan kegiatan positif yang harus kita apresiasi, karena dengan adanya event ini juga turut mengangkat UKM ekonomi kreatif yang bergerak diberbagai sektor pendukung serta melestarikan dan memperkenalkan budaya Batak kepada masyarakat luas. 

Mengusung misi budaya yang lebih besar, acarana ini diharapkan menjadi gerakan budaya untuk mempertahankan identitas bangsa melalui budaya Batak. Gelaran Wedding Exhibition yang menampilkan lima budaya Batak utama, yaitu Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, dan Batak Mandailing yang memperkenalkan kekayaan tradisi pernikahan Batak yang unik dan beragam. 

"Batak Untuk Indonesia" menjadi tagline yang menegaskan bahwa budaya Batak dengan segala tradisi, adat dan nilai-nilainya berkontribusi signifikan dalam memperkaya keragaman budaya Indonesia. 

Hongkia Doni Silalahi beserta Istri

Hadir dikesempatan acara pembuka Wedding Batak Exhibition 2024, Hongkia Doni Silalahi  sebagai program Director WBE 2024 juga menyampaikan bahwa acara ini akan menghadirkan beragam kegiatan menarik termasuk pameran budaya, fashion Show, Talkshow, konser musik dan kompetisi make up artis (MUA). Yang menurut beliau, semua dirancang untuk menyoroti talenta-talenta muda dan memberikan panggung bagi mereka untuk bersinar, sekaligus mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dalam dan menghargai budaya Batak secara mendalam. 

Aku bersama teman Blogger

Buat yang sedang merencanakan pernikahan atau yang mau mengenal lebih dalam kebudayaan Batak, yuk segera kunjungi Wedding Batak Exhibition 2024 di Smesco Convention Hall dengan harga tiket Rp25.000 kita bisa menjelajah lima budaya Batak sekaligus. Dan banyak diskon yang ditawarkan bagi calon pengantin tentunya, juga bisa tester makanan khas Batak dan tidak perlu khawatir bagi yang muslim karena ada masakan khas Batak yang aman di konsumsi seperti arsik ikan mas, ayam andaliman, sayur daun singkong dan yang makanan Batak yang ikonik yaitu lapet. 

Masakan khas Batak dari Natalya Catering

Dengan mengelilingi berbagai tenant dan banyak bertanya apa yang kita ingin tahu tentu menjadi pengalaman yang seru dan mereka akan senang bisa bercerita atau menjawab ketika kita bertanya entah itu tentang kuliner dan yang lainnya. Jadi jangan lewatkan moment ketika sedang berada di Pameran seperti Wedding Batak Exhibition ini karena dengan banyak bertanya akan semakin banyak yang kita tahu. 

Saya pribadi sangat mendukung sekali dengan kegiatan ini, dimana anak-anak muda yang terlibat dengan menampilkan tarian dan fashion Show khas budaya Batak seperti ulos tentu akan menginspirasi dan menjadi daya tarik para pengunjung dan masyarakat luas yang menyaksikan baik langsung atau pun yang melihat di media sosial. Sebagai masyarakat pun saya berharap event semacam ini harus terus banyak digaungkan supaya teringat terus kalau kita itu kaya akan adat dan budaya. 

Terus lestarikan adat dan budaya yang ada di Indonesia, karena adat dan budaya adalah Identitas, kita tanpa identitas akan sunyi, sepi dan tidak mempunyai sejarah.* **

Horas! 



Komentar

  1. Wah, pesta adatnya melekahkan ya. Adikku dpt orang batak jadi tahu gimana repotnya

    BalasHapus
  2. Sayang aku telat tahu acara ini 😣. Pengen juga melihat langsung seperti apa kebudayaan pernikahan suku batak. Krn walopun aku batak, papa mama batak keduanya, tp keluarga kami dah ga memegang tradisi.

    Boro2 nikah adat Batak, bahasa batak aja papa ga tahu, krn di rumah kami pakai bhs Indonesia. Begitu juga adat kebiasaan yg lain, buta bener2.

    Dengan menghadiri acara begini, rasanya bisa lah yaa memperkaya pengetahuan ttg adat tradisi batak seperti apa. Cocok buatku yg terhitung batak, tp ga tau banyak soal adat sendiri.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sakit Kepala Bukan Alasan Lagi Untuk Tidak Beraktivitas

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Cerita Dibalik Hp Jadul